Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Implementasi Diferensiasi Produk pada Materi Perbandingan

 

Pembelajaran berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berupaya untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan setidaknya mempertimbangkan pada aspek kesiapan belajar, minat dan profil belajar peserta didik.

Aspek pembelajaran berdiferensiasi
Terdapat 4 aspek pembelajaran berdiferensiasi yaitu:
1. Konten/isi
2. Proses
3. Produk
4. Lingkungan belajar

Pada postingan kali ini, mimin akan coba bahas terkait contoh implementasi diferensiasi produk pada materi perbandingan. Secara sederhananya, diferensiasi produk adalah adanya variasi hasil tugas pembelajaran yang diberikan oleh guru yang telah disesuaikan dengan hasil pemetaan kebutuhan peserta didik. Sehingga siswa dapat memilih dan mengekspresikan tugas pembelajaran yang sesuai dengan minat dan profil dirinya. Contoh implementasi diferensiasi produk pada materi perbandingan adalah sebagai berikut.

Pendahuluan
1. Guru melakukan tes diagnostik untuk mengetahui kebutuhan dan gaya belajar peserta didik
2. Peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok (auditori, visual, kinestetik)
3. Guru merencanaan proses pembelajaran dikaitkan dengan masalah kontekstual materi perbandingan

Kegiatan Inti
Guru memberikan opsi tugas pembelajaran sebagai berikut.
Kelompok Visual :     
Siswa dapat memilih untuk membuat infografis, ilustrasi/gambar.

Kelompok Auditori : 
Siswa dapat memilih untuk membuat hasil akhir berupa vlog

Kelompok Kinestetik : 
Siswa membuat tugas pembelajaran berupa video tutorial terkait praktik penerapan materi perbandingan.

Penutup
Guru melakukan evaluasi terhadap produk yang telah dibuat, meliputi:
1. Proses pembuatan produk
2. Kelengkapan konten dalam produk
3. Tampilan hasil akhir produk yang telah dibuat
4. Pemahaman siswa terhadap konten yang ada dalam produk 

Demikian sedikit pembahasan terkait contoh implementasi diferensiasi produk pada materi perbandingan. Semoga bermanfaat.